Membahas Arti Kode Angka dan Huruf di Prosesor Intel

0
168
Membahas Arti Kode Angka dan Huruf di Prosesor Intel

Membahas Arti Kode Angka dan Huruf di Prosesor Intel – Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk mengupas tuntas apa sebenarnya rahasia dibalik kode angka dan huruf yang ada pada setiap prosesor intel. Kenapa harus diungkap? Ya, karena dalam pemilihan sebuah prosesor untuk kebutuhan tertentu sangatlah diutamakan. Terutama bagi sobat yang akan menggunakan prosesor untuk kepentingan game, desain, dll. Kenapa? Karena prosesor itu sendiri adalah komponen penting pada PC/ laptop berupa IC yang bertugas untuk mengontrol keseluruhan jalanya sebuah sistem komputer yang digunakan sebagai otak dengan melakukan suatu perhitungan dan menjalankan tugas-tugas yang diperintahkan oleh brainware.

Pembahasan tentang prosesor Intel

Nah, kali ini yang akan kita bahas adalah processor intel terlebih dahulu. Karena Intel sampai saat ini masih dikenal sebagai salah satu brand mikroprosesor terbesar di dunia. Pasar dunia mikroprosesor saat ini sebagian besar masih dikuasai Intel dan saingan bebuyutannya, yaitu Advanced Micro Devices alias AMD. Selama bertahun-tahun Intel terus mengembangkan dan mempercanggih teknologi mikroprosesor mereka. Pada tahun 2017 saat ini, prosesor Intel mulai memasarkan prosesor seri i (i3, i5, dan i7) generasi kelima hingga generasi ketujuh. Jadi, semakin tinggi angka performance-nya semakin tinggi pula ekspektasi performanya sob.
Pada saat ini prosesor intel ada kode berupa huruf dan angka yang terletak dibagian belakang seri prosesor, dan angka-angka di belakang prosesor Intel disebut dengan angka SKU atau Stock Keeping Unit. Pada prosesor-prosesor dengan peruntukan sistem komputer Desktop, biasanya terdiri dari empat angka dan untuk sistem mobile (tetapi tidak mutlak seluruhnya) menggunakan tiga angka. Angka pertama dari deretan angka SKU biasanya menunjukkan angka generasi prosesor tersebut.

Membahas Arti Kode Angka dan Huruf di Prosesor IntelPada contoh gambar di atas, ditampilkan identitas sebuah prosesor Intel i5 yang mulai ramai dipasaran pada tahun 2015 silam dengan kode 4690K. Nah, dengan kode huruf di prosesor Intel tersebut kita sudah bisa mengetahui bahwa itu berarti prosesor Intel i5 tersebut adalah generasi kelima (angka 5 di deret paling awal SKU). Kemudian di belakang deret angka indikator generasi dan angka SKU juga biasanya terdapat kode-kode huruf lagi. Kode-kode berupakan huruf tersebut merupakan kode penanda kelas, jajaran, atau jenis peruntukan prosesor yang bersangkutan.

Apa itu kelas, jajaran, atau jenis peruntukan? Jadi begini sob, misalnya ada prosesor desktop yang memiliki kode tertentu seperti penjelasan dibawah ini :

Membahas Arti Kode Angka dan Huruf di Prosesor Intel
image by : medium.com

C : Prosesor Desktop berbasis LGA1150 dengan chip grafis performa tinggi
E : Prosesor Desktop dual-core ber-TDP sama atau lebih dari 55W
H : Berchip grafis performa tinggi
K : Unlocked
M : Prosesor dirancang khusus untuk karakter komputasi mobile
Q : Quad Core
R : Prosesor berbasis BGA1364 (untuk komputasi mobile) dengan chip grafis performa tinggi
S : Dirancang untuk komputasi yang mengutamakan performa
T : Dirancang untuk komputasi yang mengutamakan kehematan energi
U : Ultra-low power
X : Extreme Edition
Y : Extremely Low Power
HQ : Quad core dengan grafis performa tinggi
MQ : Quad core untuk perangkat mobile
QX : Quad core extreme edition

Nah diatas merupakan kode huruf di prosesor intel sob, maka dari itu tentukan kode sesuai dengan kebutuhan sobat semua. Maksudnya mau digunakan untuk apakah laptop itu, agar nantinya prosesor kuat dan memupuni dalam melakukan pekerjaanya.

Lalu, Mana yang memiliki performa terbaik?

Jadi kemampuan dasar prosesor yaitu mengerjakan tugasnya dalam kalkulasi dan logika atau pengolahan grafis, maka dari itu prosesor berkode C, X, HQ, atau QX (Quad Core Extreme Edition) bisa menjadi pilihan. Tetapi, prosesor model ini biasanya memiliki TDP yang sangat tinggi sehingga sobat juga harus membutuhkan daya yang besar dan membutuhkan power supply yang berkapasitas besar pula. Selain itu, performa prosesor yang tinggi tentu meminta spesifikasi hardware pendukung yang juga tinggi.

BACA JUGA : Tips Jitu Memilih Spesifikasi Laptop Gaming

Contohnya begini sob, motherboard berkualitas tinggi yang mampu mendukung FSB dan perangkat berkecepatan tinggi tentu saja diperlukan. Belum lagi kapasitas memori yang juga sebaiknya ditingkatkan. Kenapa begitu? Karena sekencang-kencangnya sebuah prosesor dengan hardware pendukung yang setengah-setengah dalam mendukung kecepatannya, apalah artinya sob?

Dan kembali perlu diingat sob, bahwa dalam harga piranti sistem komputer itu semakin baik performanya, semakin tinggi kualitasnya jika harga piranti tersebut semakin mahal. Namun jika yang sobat maksud performa terbaik adalah performanya dalam menghemat energi dan melakukan komputasi lebih efisien, komputer dengan karakter mobile berkode M adalah pilihan terbaik. Berbeda jika menginginkan platform desktop dengan prosesor yang efisien energi,bisa memilih Intel dengan kode T, U, dan Y. Beberapa model prosesor berkode Y bahkan bisa mencapai TDP sampai 4.5 Watt saja. Prosesor Intel Core M-5Y70 ini misalnya.

Membahas Arti Kode Angka dan Huruf di Prosesor Intel
image by : www.komplett.no

Kemudian ada juga prosesor Intel berhuruf kode K. Contoh prosesor ini adalah Intel i5-3570K. kode huruf di prosesor ini adalah yang sering diincar oleh penggemar pengoprek PC, terutama mereka yang senang meng-overclock sistem hardware komputernya. Kenapa bisa seperti itu? Ya, karena prosesor berkode K berarti setting frequency multiplier-nya tidak dikunci oleh pabrik. Hal ini memudahkan para pemilik prosesor meningkatkan kinerja prosesornya dengan cara overclock.

Demikianlah sekilas artikel yang mengupas tentang arti kode angka dan huruf di prosesor Intel. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu sobat semua untuk mengenal lebih jauh tentang prosesor Intel.

Yuk, Bergabung ke Forum Hacking "Error Violence Forum" secara GRATIS!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here