Pengertian Batch File Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

0
1191

Pengertian batch file beserta fungsi dan cara kerjanya – Mungkin bagi para progammer ataupun teknisi komputer, terutama yang berapa di bagian hardware sudah tahu apa itu batch programming. Penjelasan singkat berkas instruksi atau yang sering disebut sebagai batch file adalah sebuah berkas teks yang berisi beberapa seri perintah untuk dijalankan oleh interpreter perintah. Menurut berbagai referensi batch ini juga dapat didefinisikan juga sebagai kumpulan perintah-perintah command line yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows. Berkas instruksi ini memiliki file ekstensi .bat atau .cmd. Mungkin tidak terlalu sulit untuk pemrograman ini, karena batch ini struktur dan susunanya cukup sederhana sob, cukup ketik source code program pada notepad atau text editor lainnya lalu simpan dengan ekstensi .bat dan nanti akan menjadi sebuah sourchut yang berlambangkan gear atau machine.

Pengertian Batch File Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Batch FileSeperti Apa File Ekstensi Batch File pada DOS ?

.bat merupakan ekstensi pertama yang digunakan oleh Microsoft untuk batch file. Ekstensi ini berjalan pada MS-DOS dan semua versi dari Microsoft windows. Pada umunya di MS-DOS menggunakan command.com untuk mengeksekusi file batch di windows menggunakan cmd.exe.

Cara Kerja Batch File

Ketika sebuah batch file dijalankan, shell yang berupa command.com akan membaca file batch dan kemudian akan mengeksekusi perintahnya secara baris demi baris dan tentunya secara berurutan. Batch files berguna untuk menjalankan rangkaian dari dari beberapa perintah yang bisa dieksekusi (executables) secara otomatis dan sering digunakan oleh sistem administrator untuk mengotomatisasi banyak proses secara bersamaan. Perintah-perintah batch file ini bersifat case insensitive. Jadi tidak ada perbedaan maksud antara huruf besar dengan huruf kecil, hal ini tentunya meringankan bagi sobat yang sering kurang teliti dalam besar kecilnya huruf.

Perintah-perintah yang ada didalam DOS batch command seperti Copy, Dir, Delete, sering juga disebut dengan perintah internal, sedangkan perintah dengan format, Undelete, Backup merupakan bagian dari perintah eksternal. Setiap sobat menjalankan perintah DOS batch file tersebut baik secara internal maupun eksternal, command.com akan langsung menjalankan peritah internal atau memanggil program eksternal yang terpisah dan menjalankan perintah tersebut untuk mengembalikan hasilnya dalam bentuk perintah eksternal.

Fungsi Batch File

Bisa dikatakan fungsi batch file ini untuk melakukan tugas rutin seperti backup file Penting, menghapus file-file sementara (*. tmp,. Bak, ~ .* , dll) maka sangat repot jika nantinya sobat harus mengetikan perintah-perintah yang sama setiap kali akan melakukan tugas yang sama. Maka diperlukanlah batch file ini untuk mengatasi permasalahn tersebut, sehingga setiap sobat membutuhkan untuk melakukan sebuah tugas tertentu dalam DOS, maka tinggal jalankan saja file Batch yang sudah di buat sebelumnya. Hal ini tentu akan sangat efektif daripada harus mengetikan perintah-perintah yang sama serta dapat menghemat waktu.

Semua pekerjaan yang kita kerjakan tentunya akan bisa berdampak positif dan negatif, seperti halnya dalam batch ini yang secara logika memiliki 2 fungsi, yakni fungsi positif dan fungsi negatif :

1. Bisa dikatakan berfungsi positif jika bacth file ini digunakan untuk tune up, program administrator, backup, dan lainya.

2. Kemudian bisa dikatakan negatif karena jika mungkin nanti digunakan untuk membuat virus, cracker, dan sebagainya.

Pengertian Batch File Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya
Contoh program batch

Dibawah ini Merupakan Beberapa Command Batch

Copy = membuat duplikat suatu file ke directory lainnya.
Del = Menghapus sebuah file dari suatu directory.
Echo = menulis pesan ke layar, sedangkan untuk syntax echo off, digunakan untuk meniadakan tampilan echo.
Goto = melompat dari suatu syntax ke label.
Help = melihat command batch lainnya.
Start = menjalankan suatu program.
Pause = Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan tombol sembarang, dimana pesan yang ditampilkan adalah Press any key to continue… Nah, untuk menghilangkan pesan ini dapat diketikkan PAUSE > NUL.
If = Digunakan untuk memeriksa kondisi tertentu jika kondisi tersebut tersedia.
Rem = Kependekan dari REMARK merupakan suatu perintah yang mengakibatkan suatu baris perintah menjadi tidak berfungsi, akan diabaikan dan tidak diproses.
Cls = Sama seperti perintah DOS, yaitu digunakan untuk menghapus layar.
Exit = keluar dari jendela DOS jika file batch berjalan dari Windows.

Beberapa Operator Batch File

@ = berguna untuk membuat syntax menjadi tidak kelihatan di layar atau untuk tidak menampilkan baris perintah disebelah kanan layar.
: = tanda label.
> = menuliskan sesuatu dengan meniban isi file yang sudah ada.
>> = menuliskan sesuatu pada garis baris yang baru.
:: = komentar, tidak dieksekusi.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang pengertian batch file beserta fungsi dan cara kerjanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here