Pengertian dan Macam-macam Buku Digital/ Ebook

0
644
Pengertian buku digital
Bergabunglah Bersama Kami Dalam

"Error Violence Forum"

Sebuah Forum Hacking, Dimana Kita Dapat Belajar & Berbagi

>>>BERGABUNG<<<

Pada kesempatan kali ini yang menjadi topik pembahasan adalah tentang buku digital, buku elektronik, atau yang biasa disebut dengan ebook. Biasanya ini menjadi salahsatu materi pelajaran bagi siswa SMK, yaitu materi simulasi digital. Oke, sobat microcyber2.com apakah ada yang tahu apa itu ebook atau buku digital? Jadi ebook merupakan sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar, maupun suara, dan publikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun alat elektronik lainnya. Seperti komputer, laptop, handphone, dll. Begitu pula Jenis buku digital atau ebook hanya ada 1 yaitu file PDF. Cara membuatnyapun simpel saja sob, hanya mengetik ketik di dokumen dengan program Microsoft Word, kemudian nanti baru di konversi menjadi PDF dengan program PDF24.

Apa Saja Fungsi Buku Digital serta Kegunaanya?

  1. Sebagai sarana pembelajaran.
  2. Untuk media pembelajaran.
  3. Untuk media bisnis.

Tujuan Dibuatnya Buku Digital

  1. Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar.
  2. Memudahkan seseorang untuk membaca sebuah informasi dimana saja.
  3. Harga penjualan tidak terlalu tinggi.
  4. Mudah untuk disebarluaskan.

Format Buku Digital

  1. PDF (Portable Document Format)

Pengertian dan Macam-macam Buku Digital/ Ebook

Format PDF telah dikenal secara luas sekali sob. Format buku berbentuk digital ini pun mudah dibuat dengan program-program yang biasa sobat gunakan. Format file PDF juga mudah dibuka dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader atau Foxit Reader.

Tapi sayangnya, teks dalam beberapa format file PDF tidak bisa berubah mengikuti ukuran layar yang kecil. Misalnya saja bila format PDF dibuka dengan menggunakan Kindle, Sony Reader, atau iPhone. Bila dipaksakan, pembaca harus memperbesar tampilan buku berbentuk digital atau menggunakan scroll ke kanan dan ke kiri agar bisa membaca baris-baris teks. Tetapi PDF sangat cocok untuk digunakan di media layar lebar seperti komputer dan laptop. Karena selain itu buku gratis pdf juga banyak disebarluaskan di internet.

  1. EPub (Electronic Publication)

Pengertian dan Macam-macam Buku Digital/ Ebook

Format ini merupakan format standar yang digunakan untuk buku berbentuk digital. Saat ini, EPub semakin populer dan telah didukung oleh banyak piranti. Format EPub dapat dibuka dengan beragam piranti EReader seperti iPhone, iPod Touch, iPad, Sony Reader dan beberapa piranti lainnya. Selain itu, format EPub juga dapat dibuka pada beragam sistem operasi dengan bantuan aplikasi tertentu.

Keunggulan format buku berbentuk digital ini adalah ukurannya yang relatif kecil dan tampilan halaman yang dinamis. Format ini mampu menyesuaikan dengan ukuran layar piranti yang menampilkannya dan dilengkapi dengan daftar isi yang memudahkan akses pembacanya.

  1. DjVu

Pengertian dan Macam-macam Buku Digital/ Ebook

Format buku berbentuk digital ini dikhususkan untuk dokumen-dokumen hasil scan. Kelebihan format DjVu adalah mampu menyimpan dan menampilkan hasil scan dengan resolusi tinggi (300-400 DPI). Selain itu, ukuran file yang dihasilkan juga relatif kecil walau terdiri dari banyak image di dalamnya. Ukuran file DjVu bahkan lebih kecil dari format file JPEG dengan kualitas yang sama. Untuk membuka file dalam format DjVu pada PC (Personal Computer) atau piranti eReader, dibutuhkan aplikasi pendukung seperti aplikasi DjView, Okular atau Evince untuk Linux, VuDroid untuk Android, dan Stanza untuk iPhone/ iPad.

  1. Mobipocket

Pengertian dan Macam-macam Buku Digital/ Ebook

Format buku berbentuk digital Mobipocket menggunakan ekstensi .prc atau .mobi. Format buku berbentuk digital ini selama beberapa tahun telah menjadi format buku berbentuk digital yang paling populer untuk membaca buku via PDA atau Smartphone seperti (Windows Mobile, Blackberry, Palm OS, Symbian, PocketPC dan seterusnya).

Kelebihan format buku ini adalah huruf-huruf pada buku berbentuk digital jelas terbaca dan tersusun rapi dalam paragraf-paragraf sehingga tidak membuat mata lelah meskipun membaca buku pada piranti dengan layar berukuran kecil. Di samping itu, format file ini ringan sehingga tidak mengkonsumsi banyak power baterai. Untuk membuka file berekstensi .prc diperlukan software pendukung yang bernama MobiReader.

 

Konten dalam Buku digital

Cara membuat buku digital :

  1. Pengamatan/ Penguasaan materi dan merangkumnya.
  2. Mengetik ke dalam MsWord terlebih dahulu.
  3. Membuat Cover, Daftar Isi, Daftar Pustaka, dsb.
  4. Tentukan Ukuran Font, Tebal tipisnya huruf, dan spasi.
  5. Konversikan File MsWord menjadi PDF.
  6. Upload ke media internet seperti 4Shared, TusFiles, Mediafire, dll.
  7. Biasanya Pembuatan ini menggunakan software khusus.

Lalu, Bagaimana Cara Mempublikasikanya ?

Setelah sobat merasa cocok dengan Style, sekarang saatnya sobat Mempublikasi dengan menjadikan aplikasi, caranya klik tombol PUBLISH.

 

Kelebihan dan Kekurangan Buku digital/ Ebook

Keunggulan Buku Digital

Sampai kini format buku berbentuk digital telah diadopsi oleh banyak kalangan untuk menerbitkan dan menyebarluskan karya-karya dari berbagai disiplin ilmu. Format buku berbentuk digital semakin disukai karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan format buku dalam bentuk konvensional. Keunggulan buku digital yang pertama adalah mudah dibawa bepergian dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Sobat bisa menyimpannya di PC (Personal Computer), laptop, ponsel, atau piranti elektronik yang secara khusus disediakan untuk menyimpan dan membaca buku berbentuk digital. Dengan demikian, sobat microcyber2.com tidak perlu menambah lemari-lemari buku seiring koleksi buku sobat yang bertambah banyak. Saat bepergian membawa laptop, ponsel atau piranti elektronik khusus untuk buku ini, maka koleksi buku sobat pun telah turut terbawa dan dapat dinikmati dalam perjalanan.

Keunggulan buku berbentuk digital yang kedua adalah format buku ini bisa didapatkan kapan saja asalkan terkoneksi dengan internet. Sobat tidak perlu menyisihkan waktu untuk menemukan toko buku dan mencari koleksi buku yang butuhkan. Melalui internet, sobat membeli dan mendownload buku-buku favorit di mana pun berada. Di Indonesia, Gramedia sebagai toko buku terbesar juga telah menawarkan format buku berbentuk digital kepada para pembacanya. Memang sih format buku digital tidak hanya memberi manfaat yang besar untuk para pembaca buku. Para penerbit pun menuai keuntungan dengan menerbitkan buku berformat digital.

Penerbit-penerbit buku bisa menghemat ongkos cetak, kertas, tinta, biaya kirim ke toko-toko buku, biaya retur buku dan biaya pemasaran buku. Hanya beberapa komponen saja yang dibutuhkan untuk menerbitkan buku secara digital seperti biaya layout, desain cover, royalti penulis, dan beberapa biaya pendukung lainnya. Dengan biaya produksi yang rendah ini pula, maka harga buku pun menjadi lebih murah. Keadaan ini tentunya akan semakin merangsang minat untuk membaca.

Bagi para penulis terutama penulis pemula yang ingin menerbitkan bukunya secara indie, format digital menawarkan proses pembuatan dan pendistribusian buku dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Promosi pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan blog dan beragam jejaring sosial yang menjamur saat ini.

 

Kekurangan Buku Digital

Setiap barang di dunia ini tidak ada yang sempurna, apabila memiliki suatu kelebihan pastilah barang tersebut meiliki kekurangan, itupun terjadi pada buku digital ini. Biasanya Banyak terjadi pelanggaran hak cipta, karena pendistribusian melalui dunia digital, ataupun internet itu sangat mudah. Sehingga orang dapat menggandakan buku digital ini hanya dengan melakukan transfer data dari gadget satu ke gadget lainnya. Meskipun memiliki banyak nilai plus, format buku digital juga memiliki beberapa nilai minus. Misalnya saja, keluhan dari para pembaca buku berbentuk digital yang mungkin muncul akibat terlampau sering membaca buku di komputer, layanan internet yang belum menjangkau semua daerah. Sehingga menghambat akses memperoleh buku berbentuk digital, dan peluang besar terjadinya pelanggaran hak cipta karya tulis sebagai akibat mudahnya distribusi format digital melalui internet.

Pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran hak cipta dengan menyebarluaskan sebuah buku ini tanpa izin dari penerbit atau penulisnya sebenarnya telah dilakukan dengan adanya DRM. DRM (Digital Rights Management) biasanya dikeluarkan oleh toko-toko online penjual buku ini.

Dengan melengkapi formulir DRM yang diberikan oleh toko bukuonline saat melakukan pembelian buku berbentuk digital, Sobat berarti setuju untuk tidak menyebarluaskan buku berbentuk digital yang sobat beli. Tak hanya mencegah menyebarluaskan buku berbentuk digital, DRM juga mencegah sobat melakukan konversi format file buku digital ke dalam format file lainnya.

DRM membatasi untuk menampilkan buku berbentuk digital hanya pada peranti tertentu yang telah ditentukan oleh penerbit atau penulis buku. Walaupun tampak cukup tangguh mengamankan distribusi ilegal terhadap buku berbentuk digital, tetapi tentu saja DRM memiliki celah untuk dibongkar meskipun dengan cara yang cukup sulit.

 

Diatas tadi merupakan artikel lengkap yang membahas tentang materi simulasi digital yaitu ebook atau buku elektronik. Karena pada saat ini ebook banyak dibagikan secara cuma-cuma di internet dengan bermacam-macam materi pambahasan alias buku gratis pdf. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat semua dan Terimakasih~

Bergabunglah Bersama Kami Dalam

"Error Violence Forum"

Sebuah Forum Hacking, Dimana Kita Dapat Belajar & Berbagi

>>>BERGABUNG<<<