Apa itu Ethernet? Lalu, Apa Saja Peran LLC dan MAC Sublayer?

0
152

Apa itu Ethernet? Lalu, Apa Saja Peran LLC dan MAC Sublayer – Belajar dan mencoba untuk mengetahui tentang apa itu jaringan dan isi-isinya tentulah itu bukan hal yang mudah, karena sobat mungkin juga mengetahui bahwa dunia jaringan itu sangatlah luas dan tidak semua orang bisa memahami semuanya yang ada dalam jaringan. Nah, maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mencoba belajar sedikit demi sedikit mengenai salahsatu yang ada dalam jaringan komputer itu sendiri. Contohnya seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yaitu membahas tentang Operasi yang ada di Ethernet seperti LLC dan MAC.

Mengenal Operasi Ethernet LLC dan MAC Sublayer

Apa itu Ethernet?

Ethernet adalah teknologi jaringan komputer berdasarkan pada kerangka jaringan area lokal (LAN). Ethernet banyak diterapkan pada teknologi LAN dan beroperasi pada layer datalink dan layer physical. Ethernet merupakan bagian dari keluarga dari teknologi jaringan yang didefinisikan dalam standar IEEE 802.2 dan 802.3, dan mendukung bandwidth data mulai dari 10, 100, 1000, 10.000, 40.000, hingga 100.000 Mbps (100 Gbps).

Ethernet dalam standarnya mendefinisikan protokol layer 2 dan teknologi Layer 1, dan terbagi menjadi dua sub layer dari lapisan data link untuk beroperasi, seperti Logical Link control (LLC) dan MAC sublayers.Apa itu Ethernet? Lalu, Apa Saja Peran LLC dan MAC SublayerApa itu LLC?

LLC (Logical Link Control) adalah salahsatu dari dua sub layer dalam lapisan datalink. LLC juga merupakan bagian dari spesifikasi IEEE 802, dan protokolnya itu sendiri dibuat berdasarkan protkol High-Level Data Link Contol (HDLC). Terkadang memang LLC merujuk kepada protokol IEEE 802.2, yang dimana itu merupakan protokol dari Local Area Network (LAN) yang paling umum diimplementasikan pada LLC itu sendiri.

Kemudian untuk fungsi dari LLC itu sendiri, yaitu :
•  Menangani komunikasi antara lapisan atas dan bawah.
•  Mengambil data network protokol dan menambahkan informasi kontrol untuk membantu pengiriman paket ke tujuan.

Apa itu MAC?

MAC (Media Access Control) adalah sublayer pertama atau layer terendah dari datalink layer yang memecah data menjadi frame sebelum melakukan transmisi, dan memegang address fisikal (MAC address) untuk menuju alamat sebuah jaringan. Kemudian dalam pengimlementasianya dilakukan oleh perangkat keras, biasanya dalam NIC komputer. Lalu, MAC itu sendiri juga memiliki tugas utama, yaitu melakukan Enkapsulasi data dan Media akses kontrol.

Operasi Ethernet

MAC Sublayer

Apa itu Ethernet? Lalu, Apa Saja Peran LLC dan MAC SublayerData enkapsulasi merupakan pemasangan Frame sebelum transmisi dan pelepasan frame pada saat penerimaan frame. Selain itu layer MAC juga menambahkan header dan trailer ke layer network PDU.

Yang dimana MAC itu sendiri talah menyediakan tiga fungsi utama, yaitu :

• Pembatas frame, mengidentifikasi sekelompok bit yang membentuk frame, sinkronisasi antara node pengirim dan node penerima.
• Pengalamatan, setiap header Ethernet akan ditambahkan dalam frame berisi alamat fisik (MAC address) yang memungkinkan frame. dapat dikirimkan ke node tujuan.
• Pendeteksi error, setiap frame Ethernet mengandung sebuah trailer dengan Cyclic Redundancy Check (CRC) dari isi frame.

Nah, kemudian didalam MAC (Media Access Control)juga bertanggungjawab atas penempatan frame pada media dan penghapusan frame dari media transmisi, dengan melakukan komunikasi langsung dengan layer fisik (physical layer). Jika beberapa perangkat pada satu media melakukan pengiriman data secara bersamaan, data akan. bertabrakan dan mengakibatkan kerusakan, sehingga data tidak dapat digunakan. Ethernet juga menyediakan metode untuk mengontrol bagaimana node melakukan sharing access (berbagi pemakaian) melalui penggunaan teknologi Carrier Sense .Multiple Access (CSMA).

Lalu, Apa itu Carrier Sense Multiple Access (CSMA) ? CSMA biasanya digunakan sebagai pendeteksi pertama jika media membawa sinyal. Jika tidak ada sinyal terdeteksi, perangkat tersebut mengirimkan datanya. Kemudian Jika misalkan ada dua perangkat melakukan pengiriman pada saat yang bersamaan, maka data tersebut akan bertabrakan atau error.

Contetion-Based Access

Apa itu Ethernet? Lalu, Apa Saja Peran LLC dan MAC SublayerDidalam Contetion-Based Access ada dua metode yang biasanya digunakan, yaitu :

1. CSMA / CD (Collision Detection)
Merupakan sebuah perangkat untuk memonitor media dalam melacak keberadaan sinyal data. Jika tidak ada sinyal data, menunjukkan bahwa media itu bebas. Jadi, perangkat baru akan mengirimkan data yang kemudian jika terdeteksi sinyal yang menunjukkan perangkat lain sedang melakukan pengiriman pada waktu yang sama, semua perangkat berhenti melakukan pengiriman dan mencoba lagi kemudian. Pada saat ini jaringan Ethernet dirancang dengan teknologi CSMA/CD, sehingga tabrakan tidak akan terjadi dan proses yang digunakan oleh CSMA/CD pada perangkat tidak diperlukan lagi. Jika koneksinya menggunakan koneksi wireless di lingkungan LAN, nantinya akan menyebabkan terjadinya tabrakan (wireless and LAN are connected in the same time).

2. CSMA / CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance)
Merupakan suatu device yang bertugas untuk mendeteksi media tentang keberadaan sinyal data, jika media bebas maka perangkat akan mengirim pemberitahuan pada media, bahwa perangkat tersebut akan melakukan pengiriman data. Setelah pemberitahuan dilakukan, maka perangkat kemudian mengirimkan data. Biasanya hal ini digunakan oleh 802.11 jaringan nirkabel teknologi.

MAC Address atau Ethernet Identitas
Terletak pada Layer 2, ethernet mac address ini terdiri dari 48-bit binary yang di tuliskan dalam 12 digit hexadecimal, dan standar IEEE membutuhkan vendor untuk mengikuti dua aturan sederhana, yaitu :
1. Vendor harus menggunakan penugasan OUI sebagai 3 bytes pertama.
2. Semua Alamat MAC dengan oui yang sama harus diberi nilai unik di 3 bytes terakhir.

The Ethernet MAC Address Structure

Apa itu Ethernet? Lalu, Apa Saja Peran LLC dan MAC SublayerBingkai Pengolahan

Dalam bingkai pengelolaan, MAC Address ini diterapkan pada workstation, server, printer, switch, dan router.

Contoh Mac : 00-05-9A-3C-78-00, 00:05:09 A: 3C: 78:00, atau 0005.9A3C.7800.
Selain itu juga mengirimkan pesan ke jaringan Ethernet, memberi informasi header pada paket, berisi sumber dan tujuan MAC address. Jadi, Setiap NIC melihat informasi untuk melihat apakah MAC address tujuan yang terdapat pada frame cocok dengan physical mac address yang tersimpan pada RAM. Jika tidak cocok perangkat akan membuang frame, dan jika cocok dengan mac address tujuan yang ada pada frame, NIC melewatkan frame ke layer OSI selanjutnya, dimana dekapsulasi proses berlangsung. Sekian artikel mengenai apa itu ethernet serta LLC dan MAC, semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Yuk, Bergabung ke Forum Hacking "Error Violence Forum" secara GRATIS!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here