Apa itu Ransomware? dan Bagaimana Cara Mencegah Terserang Virus Ransomware Wannacrypt

2
540
ransomware

Sebuah Ransomware baru berjenis WannaCRY membuat geger 99 negara, tak terkecuali Indonesia. WannaCRY atau Wanna Decryptor yang dijuluki “si Teroris siber” itu bahkan dilaporkan membuat jaringan komputer di dua rumah sakit di Indonesia lumpuh.
Sebagai informasi, Ransomware adalah virus yang dapat menginveksi komputer bahkan smartphone sobat. Virus jenis ini memang terkenal sangat menjengkelkan, namun efek yang ditimbulkan sangat mengerikan. Karena ransomware merupakan sejenis virus malware yang dapat mengenkripsi file-file dalam komputer sobat, selain itu untuk mengembalikanya sobat akan disuruh untuk membayar agar bisa menyelamatkan file-file tersebut. Jika tidak mau membayar, mereka mengancam keamanan file-file yang ada dalam komputer tersebut. Dan menjengkelkanya lagi pasti penyebar virus meminta tebusan yang tidak sedikit dan diluar batas wajar, selain itu biasanya mereka meminta tebusan menggunakan bitcoin.

Secara garis besarnya, ransomware adalah sejenis virus malware yang menginveksi komputer dan mengenkripsi file-file yang ada dalam komputer tersebut kemudian mereka meminta tebusan berupa uang kepada pemilik komputer yang terinveksi ransomware.

Kenapa Komputer Saya Bisa Terkena Ransomware?

Komputer atau laptop sobat terkena virus ransomware? Wah, saya yakin ekspresi sobat akan lebih dari panik. Orang terkena virus biasa saja lalu data hilang sobat sudah panik apalagi terkena ransomware dan file di enskripsi semua ditambahlagi sobat harus membayar tebusan yang tidak sedikit untuk mengembalikan file sobat seperti semula. Dan terlebih kalau terdapat data-data yang ada dalam komputer tersebut merupakan data penting. Secara, sobat harus membayar tebusan dalam keadaan terpaksa. Karena bisa dikatakan semua jenis file dapat dienkripsi oleh ransomware ini. Mulai dari jenis format gambar, video, dan dokumen semua bisa dienkripsi. Jadi memang sangat berbahaya sekali malware ransomware ini.

Lalu kenapa komputer saya bisa terkena ransomware? Jadi, penyebab komputer terinfeksi ransomware adalah karena pesan yang dikirim melalui email. Dalam email yang disusupi ransomware ini akan tertera sebuah link/hyperlink/weblink yang apabila kita meng-klik link tersebut secara tidak sadar ransomware bisa masuk dan menginveksi komputer sobat, dan tidak hanya link saja, bisa juga berupa lampiran yang entah apa isinya yang jelas akan menginveksi komputer sobat.

Selain itu ada pula yang mengatakan kalau ransomware datang dari sebuah software, dimana software tersebut didownload dari internet dan langsung diinstall. Saat penginstalan, tidak sadar kalau ternyata software tersebut merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memasukkan ransomware ke komputer. Dan saat hendak melakukan uninstall pada software tersebut, tidak bisa.

Setelah itu, ransomware akan langsung mengenkripsi data-data penting dalam hard disk dan mereka juga akan meminta uang tebusan untuk data-data tersebut. Data yang asli akan dihapus dan yang tersisa hanya file yang terenkripsi saja.

Sekedar informasi saja sob, menurut Pengamat Keamanan Siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, malware ini menjalankan aksinya dengan cara mendeteksi dan menginfeksi. Korbannya bahkan disebutnya, mencapai ratusan ribu Personal Computer (PC) di seluruh Indonesia.

Dia mengekploitasi keamanan kalau misalnya ada celah pada keamanan dalam Windows, dia bisa masuk. Tapi kalau OS Windows yang sudah di-update itu tidak bisa diserang. Sasarannya adalah untuk komputer yang tidak di-update,” kata Alfons saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 13 Mei 2017.

Alfons menyimpulkan, keamanan komputer perlu diperbaharui dengan sistem keamanan yang baru begitu pula Operating System (OS) yang dioperasikan. Cenderung ransomware tersebut akan menyerang OS lama seperti Windows XP hingga Windows 7. “Jadi, untuk mencari aman silahkan sobat untuk diupgrade ke Windows 8 atau Windows 10,” kata dia.
Sedikit informasi penting lagi, dengan adanya serangan yang dilakukan akhir-akhir ini saya akan membagikan tips aman untuk sobat semua. Yaitu tentang Cara mencegah terserang virus Ransomware Wannacrypt :

1. Putuskan koneksi ke internet.
Cabut konektor kabel jaringan atau nonaktifkan wifi. Bisa juga matikan router wifi.

2. Non aktifkan Macro pd MS Office  caranya:
=> Untuk MS Excel 2016
a. Jalankan MS Excel
b. Klik menu “File” pilih “Options”
c. Klik “Trust Center”
d. Klik “Trust Center settings”
e. Klik “Macro settings”
f. Check/pilih “Disable all macros without notification”
g. Klik “OK”
h. Lakukan hal yg sama pd program MS Office yg lain seperti MS Word, Powerpoint, Access, Outlook.

3. Non aktifkan fitur File Sharing/ Samba caranya:
a. Jalankan Control Panel
b. Klik “Programs”
c. Dibawah bagian “Program and Features” klik “Turn Windows features on or off”
d. Setelah muncul jendela baru, cari check list “SMB 1.0/CIFS File Sharing Support” dan hilangkan tanda check-nya
e. Klik “OK”

4. Block port 139/445 dan 3389 caranya:
a. Jalankan Control Panel
b. Klik “System and Security”
c. Klik “Windows Firewall”
d. Klik “Advanced Settings” pd menu bagian kiri
e. Klik “Inbound Rules”
f. Lihat pada menu bagian kanan Klik “New Rules”
g. Pilih/Klik “Port” dan klik “Next”
h. Pilih/Klik “TCP”
i. Pilih/Klik “Specific local ports:” isikan/ketik: 139, 445, 3389
j. Klik “Next”
k. Pilih/Klik “Block the connection” dan klik “Next”
l. Pastikan Pilihan “Domain”, “Private” dan “Public” terpilih (checked)
m. Klik “Next”
n. Isikan/ketik nama rule, misal: Block Port Ransomware
o. Klik “Finish”

5. Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoft.
Lihat di : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx

DOWNLOAD E-BOOK GRATIS : Panduan Pencegahan Virus WannaCRY

Diatas tadi merupakan sedikit penjelasan mengenai pengertian virus ransomware, cara kerja ransomware, dan dampak ransomware. Begitupula beserta cara untuk mengatasi virus ransomware ini. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Yuk, Bergabung ke Forum Hacking "Error Violence Forum" secara GRATIS!!!

2 COMMENTS

  1. bos lagi rame neh virus komputer Ransomware dan Virus Wanna Cry trend di google, kita mah nyimak aja untuk update informasinya mengenai virus komputer ini.
    salam kenal om admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here