Pengertian Router dan Macam-Macam Router beserta Cara Kerja Router

0
531
loading...

Pengertian Router dan Macam-Macam Router beserta Cara Kerja Router – Mungkin bagi Anda sebagian sudah ada yang tahu tentang apa itu router khususnya yang menekuni ataupun ahli dalam jaringan. Nah, mungkin disini saya akan membagikan ulang saja tentang pengertian router, macam-macam router, dan cara kerja router itu sendiri dalam sebuah jaringan. Karena mungkin banyak diantara sobat semua yang belum paham mengenai router, khususnya yang membaca artikel ini pasti belum paham betul tentang apa itu router dan cara kerjanya. Kemudian juga pasti juga ada kemungkinan masih serasa sulit untuk membedakan antara router OS dan routerboard. Nah, dibawah ini langsung saja saya akan menjelaskan secara rinci tentang apa itu router.

Pengertian Router dan Macam-Macam Router beserta Cara Kerja Router
imabe by : bangbiw.com

Pengertian Router

Apa itu Router? Jadi, Pengertian Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi Protokol kepada jaringan-jaringan lainnya. Maka dengan router, sebuah protokol akan bisa kita sharing ke perangkat jaringan lainnya. Kalau sobat masih bingung, dapat di istilahkan bahwa router merupkan perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan 2 atau lebih jaringan. Tetapi router itu sendiri juga berbeda dengan perangkat yang namanya switch. Karena terkadang bagi orang awam tentang jaringan sulit juga membedakan router dan switch. Jadi router berfungsi menghubungkan 2 atau lebih jaringan LAN, sedangkan switch berfungsi menghubungkan beberapa perangkat untuk membentuk jaringan LAN atau istilahnya adalah membagi jalur pada jaringan.

Sebagai pengertian router, bahwa router juga dapat dikatakan merupakan sebuah alat yang fungsinya adalah mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya melalui sebuah proses yang dimana cara kerja ini dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh OSI Layer. Kemudian router juga memiliki fungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Kemudian router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork. Dan untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya, router juga terkadang digunakan untuk mengkoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring. Mungkin itulah pengertian singkat mengenai router.

Apa Fungsi Router?

Secara umum router memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah :

1. Fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya. Jadi jangan sampai sobat salah mengartikan fungsi router.

2. Fungsi router selanjutnya adalah untuk men-transmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya seperti bridge.

3. Router juga berfungsi untuk mengubungkan jaringan lokal kesebuah koneksi DSL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memilki fungsi firewal untuk melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan paket tersebut, namun tidak semua router memiliki fungsi yang sama. Router yang memiliki fitur penapisan paket dapat juga disebut sebagai paket filtering router. Fungsi umum router ini adalah memblokir lalulintas data yang telah dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang bisa menyebabkan kinerja jaringan menjadi melambat.

Apa Saja Jenis-jenis Router?

Nah, untuk jenis router ada 3 macam seperti router PC, router hardware, dan router aplikasi. Untuk penjelasanya ada dibawah ini:

1. Router PC adalah Sistem Operasi yang mempunyai fasilitas sharing atau membagi IP Address.

2. Router Hardware adalah suatu perangkat yang mempunyai kemampuan seperti router, sehingga perangkat keras tersebut dapat membagi dan memancarkan, serta membagi IP Address.

3. Kemudian untuk Router Aplikasi sendiri merupakan aplikasi yang bisa diinstal pada Sistem Operasi, sehingga nantinya akan membuat Sistem Operasi itu mempunyai kemampuan seperti router. Seperti contoh; WinProxy, SpyGate, WinGate, dan WinRoute.

Bagaimana Cara Kerja Router?

Untuk cara kerja router, mari kita simak bersama-sama karena saya akan menjelaskan melalui sebuah gambar yang saya ambil dari fortuna.com. Oke, Ilustrasi mengenai cara kerja router ini dapat dilihat pada gambar dibawah :cara kerja router

Pada gambar diatas terdapat dua buah network yang terhubung pada sebuah router. Network yang berada pada sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat 192.168.1.0 serta pada network yang sebelah kanan yang terhubung ke port 2 router mempunyai alamat 192.155.2.0.

• Komputer A mengirim sebuah data kepada komputer C, router tidak akan meneruskan data tersebut kepada jaringan yang lainnya.
• Begitu juga apabila ketika komputer F mengirim sebuah data kepada komputer E, router tidak akan meneruskan paket data tersebut kepada network yang lainnya.
• Barulah ketika komputer F mengirimkan sebuah data kepada komputer B, router akan meneruskan paket data tersebut ke komputer B.

Nanti router juga memiliki tabel routing yang berisikan informasi alamat tujuan, jarak menunju network tujuan yang di istilahkan dengan metric dan juga interface yang terhubung dengan network tujuan.

Dalam tabel routing terdapat static route dan dynamic route yaitu :
– Stastic Route adalah Proses pengisian tabel routing yang dilakukan secara manual oleh administrator
– Dynamic Route adalah Proses pengisian tabel routing yang dikelola oleh routing protocol. beberapa protocol yang biasa digunakan adalah RIP, IGRP, OSPF, BGP, dan lain – lain.Pengertian Router dan Macam-Macam Router beserta Cara Kerja Router
Jika berbicara tentang mikrotik tentunya ada perbedaan mengenai router OS dan routerboard. Mikrotik router OS dan routerboard yang membedakan hanya tampilan dan cara konfigurasi mikrotiknya saja sob. Namun, lebih mudah menggunakan routerboard karena tampilannya berupa grafik kita tidak perlu menuliskan perintah-perintah seperti router OS yang tampilannya menggunakan CLI. Jadi router OS menggunakan perintah manual sehingga masih terlihat sulit untuk pengguna pemula. Sekian informasi yang dapat saya bagikan kembali untuk sobat semua, dan semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here